Seminar Nasional Ekonomi Pertanian “Pertanian Masa Depan: Transformasi vs Beban Sejarah”

Transformasi ekonomi bagi Indonesia adalah sebuah keniscayaan dalam rangka menghindarkan Indonesia dalam jebakan kelas menengah. Agar proses transformasi menghasilkan struktur ekonomi nasional yang kokoh diperlukan fondasi kuat dari sektor pertanian. Perwujudan fondasi yang kuat tersebut salah satunya dengan transformasi sektor pertanian dengan fokus pada keberlanjutan dan integrasi dengan sektor lain. Selain dukungan transformasi secara sektoral, transformasi ekonomi memerlukan dukungan SDM dan infrastruktur yang memadai. Dua sokongan ini menjadi prioritas pemerintahan Presiden Jokowi baik di periode pertama (fokus infrastruktur) dan di periode kedua yang sedang berlangsung (fokus SDM).

Transformasi ekonomi Indonesia sudah berlangsung, namun belum tuntas dan menyisakan permasalahan yang harus segera diselesaikan. Berjalannya transformasi ekonomi Indonesia bisa terlihat dari porsi sektor pertanian terhadap pembentukan PDB yang semakin menurun dan digantikan dengan sektor sekunder dan tersier lainnya. Pada tahun 2000, sektor pertanian menyumbang PDB sebesar 15,6 persen. Per tahun 2019, kontribusi sektor pertanian turun menjadi 12,72 persen. Penurunan kontribusi PDB ini digantikan dengan peningkatan share sektor lain, terutama sektor jasa, bukan industri. Sektor jasa yang meningkat share nya antara lain sektor jasa dari 17,6 persen di 2000 menjadi 18,9 persen di 2019.

Di sisi lain, share sektor industri turun dari 27,74 persen di tahun 2000 menjadi 19,7 persen di tahun 2019. Penurunan share sektor industri ini tidak sejalan dengan proses transformasi ekonomi yang diharapkan. Akibatnya, fondasi perekonomian bisa dikatakan belum kuat. Salah satu jalan keluar untuk menguatkan transformasi tersebut adalah industrialisasi sektor pertanian, seperti yang dilalukan oleh negara-negara yang telah berhasil melakukan transformasi ekonominya seperti Jepang, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Materi dapat diunduh diĀ sini

Bagikan

Penulis

Putar Video

Media Terkait