Bola Liar Vaksinasi Ekonomi?

Tim Peneliti INDEF | 07/07/2021


“Bola Liar Vaksinasi Ekonomi ?”

Semester I 2021 diprediksi menjadi penanda awalan pemulihan ekonomi setelah resesi akibat Covid-19. Hal ini terlihat dari pertumbuhan kuartal I 2021 sebesar minus 0.74 % (yoy), menyambung tren perbaikan ekonomi sejak kuartal II 2020. Dari sisi kesehatan, Pemerintah terus mengupayakan agar vaksinasi berjalan terus dalam rangka mencapai herd immunity. Dibutuhkan setidaknya 181,5 juta dosis vaksin (70 % penduduk) untuk menggapai kekebalan kelompok.

Namun demikian, di tengah segala upaya Pemerintah baik untuk pemulihan ekonomi dan usaha mencapai kekebalan kelompok, terdapat dua hambatan besar yakni keterbatasan fiskal dan pasokan suplai vaksin Covid-19 global terbatas. Kondisi tersebut di atas menjadikan jalan pemulihan ekonomi dan kesehatan nasional secara simultan semakin terjal.

Beragam permasalahan yang muncul tersebut layak dikaji sebagai diskursus publik yang layak dibahas dan didiseminasikan kepada khalayak. INDEF mengundang Bapak/Ibu semua untuk mendiskusikannya bersama melalui Webinar Kajian Tengah Tahun INDEF 2021 : Bola Liar Vaksinasi Ekonomi ? yang akan diselenggarakan pada :

Hari/tanggal : Rabu, 7 Juli 2021
Waktu : 09:00 - 12.00 WIB
Link Youtube : https://youtu.be/oHFUtrfW-AA 

Keynote Speaker:
Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI

Pembicara:

Aviliani
Ekonom Senior INDEF

Suryo Utomo
Dirjen DJP, Kementerian Keuangan

Arsjad Rasjid
Ketua Umum KADIN

Esther Sri Astuti
Direktur Program INDEF

Moderator:
Eko.B. Supriyanto
Pemimpin Redaksi InfoBank

Seluruh materi dapat diunduh sini