Asisten Peneliti

INDEF INTERNSHIP PROGRAM PERIODE 2-2025

Kualifikasi minimum

  • Mahasiswa yang sedang menempuh semester akhir (minimum semester 8);
  • Lulusan Sarjana/Magister;
  • Berasal dari jurusan Ilmu Ekonomi/Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Lingkungan, Ekonomi Moneter, Keuangan dan Perbankan, Kebijakan Publik, Hubungan Internasional, Ilmu Statistik, atau jurusan lain yang relevan;
  • IPK minimal 3,00 (Skala 4,00);
  • Memiliki keterampilan kuantitatif yang baik, termasuk kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak statistik seperti Stata atau R (menjadi nilai tambah);
  • Mampu mengoperasikan aplikasi komputer standar (Microsoft Office, Google Workspace, dll.);
  • Kemampuan untuk menulis dan berkomunikasi secara efektif terkait penelitian dan familiar dengan data-data ekonomi;
  • Memiliki minat dalam melakukan riset ekonomi;
  • Diutamakan memiliki pengalaman organisasi;

Lini Waktu Rekrutmen

  • Penutupan Pendaftaran : 17 Mei 2025 Pukul 23.00 WIB
  • Pengumuman seleksi Tematik : 19 Mei 2025
  • Seleksi Tematik : 21 Mei 2025
  • Pengumuman Seleksi Wawancara : 23-28 Mei 2025
  • Seleksi Wawancara : 2-5 Juni 2025
  • Pengumuman kandidat terpilih : 7 Juni 2025
  • Proses kontrak : 8 Juni 2025
  • Mulai Magang : Minggu ke-2 Juni 2025

Formasi

  • Asisten peneliti tematik makroekonomi dan pembangunan berkelanjutan
  • Asisten peneliti tematik ekonomi industri, UKM, dan digital
  • Asisten peneliti tematik ekonomi syariah

Teknis Pendaftaran

  • Melengkapi formulir pendaftaran melalui https://s.id/IIP2_2025
  • Siapkan resume. Template resume dapat diunduh pada laman berikutĀ https://s.id/dokumen_indef. Resume kemudian diunggah pada formulir pendaftaran.
  • Siapkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi dapat dikeluarkan oleh dosen/dosen pembimbing/atasan/supervisor. Surat rekomendasi setidaknya mencakup informasi tentang siapa anda, hubungan anda dengan orang yang merekomendasikan anda, mengapa anda memenuhi syarat, dan keterampilan khusus yang anda miliki.
  • Unggah surat rekomendasi dan KRS semester berjalan (bagi yang masih menempuh studi) melalui formulir pendaftaran.

Keuntungan dan fasilitas

  • Gaji pokok bulanan
  • Insentif penelitian
  • Jejaring ekonom INDEF dan akses fasilitas seperti data, media, dan makan siang selama bekerja di kantor.

Informasi tambahan

  • Durasi kontrak 6 bulan
  • Mayoritas kegiatan INDEF dan Pemagangan dilaksanakan di Jakarta
  • Kandidat terpilih akan dihubungi untuk melakukan seleksi lanjutan.
  • Kami sangat terbuka dan mendorong pendaftar dari semua latar belakang untuk mengikuti proses seleksi ini.
  • Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui email [email protected]