Menghubungkan Indonesia: Dampak Sosial dan Ekonomi Facebook di Indonesia

Internet sudah menjadi bagian esensial dari kehidupan masyakarat Indonesia. Internet mengubah cara orang berinteraksi satu sama lain, cara pertukaran informasi, cara berbisnis, komunikasi dalam pemerintah, serta model beroperasinya organisasi secara umum. Aplikasi media sosial dan pesan instan membantu mendorong perubahan ini. Aplikasi-aplikasi yang berada dibawah naungan The Facebook company (atau disebut juga dengan aplikasi-aplikasi Facebook) melingkupi Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp adalah yang paling populer dari aplikasi semacam itu di Indonesia.

Melihat perkembangan tersebut, Facebook menunjuk PT PricewaterhouseCoopers Indonesia Advisory (atau PwC Indonesia) dan Institute of Development Economics and Finance (INDEF) untuk melakukan studi yang bertujuan agar Facebook dan pemangku kepentingan lainnya lebih memahami dampak dari aplikasi-aplikasi yang berada dibawah naungan The Facebook company bagi masyarakat di Indonesia, seperti diantaranya individu, komunitas/organisasi masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah. Studi ini mencakup survei independen terhadap empat kelompok responden tersebut yang dilakukan secara offline mulai tanggal 27 Juni sampai dengan 6 Agustus 2019.

Hari & Tanggal

Time

Live

Share

Author

PT Pricewaterhouse Coopers

Publikasi Terkait