INDEF Training Center - Model Sistem Dinamis

Tim Peneliti INDEF | 20/09/2018



Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) menggelar acara pelatihan pemodelan sistem dinamis bertempat di ITS Office tower lt.8.Pelatihan tersebut di gelar dua hari pada tanggal 18 dan 19 September 2018 dimulai pada pukul 08.00 s.d. 16.00. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bagaimana konsep dan mengoperasikan aplikasi sistem dinamis agar para peserta mampu memodelkan fenomena ekonomi berdasarkan masalah yang aktual dan menginterprestasikan serta melakukan analisis berdasarkan hasil simulasi.

Model Sistem Dinamis (MSD) merupakan sebuah metode dan teknik pemodelan untuk membingkai, memahami dan mendikusikan masalah yang kompleks serta mensimulasikan suatu sistem yang dinamis (dari waktu ke waktu). MSD juga dapat menggambarkan elemen dari suatu sistem yang kompleks dan mempelajari interaksi antar elemen tersebut sehingga dapat menyelesaikan suatu pemasalahan rumit melalui sistem thinking. Pemateri dalam acara tesebut yaitu Rizal Taufikurahman sebagai Ahli pemodelan Ekonomi dan Ekonomi Regional, Fauzan Ahmad, Ahli Pemodelan Dinamika Sistem dan Ekonomi Energi, Praditia Rahardi, Ahli Pemodelan Dinamika Sistem Ekonomi Moneter dan Keuangan, Serta Adry Satrio Nugroho, Ahli Ekonomi Industri dan Perdagangan.

Pada hari pertama peserta diajak untuk mempelajari fenomena, perilaku dan masalah dengan pendekatan sistem dinamis. Selanjutnya para peserta diberikan pelatihan bagaimana langkah menyusun Model Casual Loop Diagram dan dilanjutkan dengan praktik menggunakan software vensim 7.2 melalui Group Model Building. Keesokan harinya peserta lebih banyak diberikan praktik dalam sistem dinamis agar dengan mudah memahaminya seperti praktik pemodelan fenomena ekonomi, kalibrasi, dan validasi model. Selain itu peserta juga diajak untuk menganalisis kebijakan dalam model dan interpretasi serta analisis hasil pemodelan.