INDEF School of Political Economy Hadir di Samarinda

Tim Peneliti INDEF | 12/04/2019



Samarinda, 12 April 2019 – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE) angkatan XVII dari tanggal 8-10 April 2019 di FEB Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Tema yang diangkat dalam ISPE kali ini adalah The Political Economy of Green Growth Economy. Latar belakang dari tema yang diangkat adalah Pemerintah Kalimantan Timur yang mulai melakukan program Green Growth Compact (GGC)

Acara dimulai dengan penyampaian materi dari ekonom senior INDEF Faisal Basri, yang menyampaikan materi tentang ekonomi politik sumber daya alam. Faisal Basri mengajak para generasi muda Kalimantan Timur untuk aktif dan menjaga kekayaan alam yang dimiliki agar keuntungan dari pengelolaanya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Workhop selama tiga hari tersebut juga diperkaya dengan penyampaian materi dari pemateri dengan beberapa latar belakang. Kepala Bappeda Kalimantan Timur juga menyampaikan tentang tantangan Kaltim menghadapi kutukan sumber daya alam. Dari sudut pandang kebijakan fiskal menjadi bagian menarik lainya oleh Direktur Eksekutif INDEF, Enny Sri Hartati. Pada hari kedua dan ketiga diisi oleh akademisi FEB Unmul dan juga dari Jaringan Asosiasi Tambang (JATAM) Kaltim.

Pengelolaan batubara menjadi salah satu topik yang menjadi sorotan selama workshop. Pengelolaan batubara yang merusak lingkungan dan hasilnya sendiri tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Kaltim. Faktor lain yang menjadi sorotan adalah turunnya harga batubara di pasar internasional yang berimplikasi pada tutupnya aktifitas perusahaan. Harapannya melalui ISPE ini dapat menumbuhkan pemikiran – pemikiran kritis dan bermanfaat bagi pengelolaan SDA di Kaltim.