Tantangan Investasi di Tengah Kecamuk Perang Dagang

Tim Peneliti INDEF | 16/07/2019 | Halaman telah dikunjungi 63 kali


smi ktt

Kinerja perekonomian Indonesia di paruh pertama 2019 masih belum optimal. Hal ini dapat terlihat dari beberapa indikator makro ekonomi yang belum mencapai target. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya terobosan strategi kebijakan guna memastikan di penghujung tahun ini kinerja perekonomian dapat tercapai sesuai harapan.

Salah satu fokus yang harus segera ditangani oleh para pembuat kebijakan saat ini adalah upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui investasi. Di tengah palagan perang dagang dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat dan China, upaya menarik investasi tentu tidak mudah. Tanpa perang dagang pun sebenarnya Indonesia juga masih tertinggal dalam memikat investor domestik dan luar negeri untuk menanamkan uangnya di tanah air. Namun, apapun tantangan yang dihadapi, tidak ada opsi mundur dalam berkompetisi menumbuhkan perekonomian.

Buku Kajian Tengah Tahun 2019 ini berisi evaluasi INDEF atas kinerja perekonomian domestik maupun global dalam satu semester. KTT merupakan kegiatan yang rutin dilakukan INDEF sebagai upaya mengevaluasi perekonomian secara obyektif dan independen. Buku KTT ini merupakan buku ke 24, yang sekaligus menandai kiprah 24 tahun INDEF mewarnai pasar gagasan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Materi dapat diunduh di sini.

 


Unduh Berkas