Investasi Mudah? Tinjauan Kebijakan Investasi 2014-2016

Tim Peneliti INDEF | 01/03/2018


Buku cetakan ke-2 dengan tambahan beberapa data ini terdiri 9 bab, di mana Bab 1 diawali dengan membahas mengenai perkembangan dan tantangan perekonomian global dan domestik. Utamanya dalam kaitannya dengan kebutuhan akan kegiatan investasi di Indonesia.

Bab 2 membahas mengenai urgensi percepatan investasi di Indonesia. Urgensi percepatan investasi berhubungan dengan target pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja serta usaha Indonesia dalam menghindari jebakan kelas menengah.

Bab 3 membahas permasalahan dan kendala percepatan investasi di Indonesia. Terdapat 3 hal utama yang dibahas yakni kemudahan memulai usaha (EoDB), persoalan infrastruktur dan persoalan tenaga kerja.

Bab 4 membahas mengenai paket kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk mengatasi permasalahan investasi yang ada. Bab 5 membahas mengenai strategi pemasaran investasi sebagai awalan dalam menarik investor ke Indonesia. Bab 6 membahas mengenai lanjutan dari strategi pemasaran investasi yakni strategi dan terobosan percepatan investasi,
terutama dalam hal perizinan.

Bab 7 membahas mengenai kebijakan lanjutan dari perizinan yakni debottlenecking dan pengawalan investasi. Bab ini bertujuan untuk membahas strategi dan terobosan guna meningkatkan realisasi investasi. Kegiatan perbaikan iklim investasi tidak hanya berkutat dalam mempermudah perizinan, namun juga kemudahan dalam eksekusi proyek
investas.

Bab 8 membahas investasi untuk rakyat. Program yang salah satunya bekerja sama dengan pondok pesantren ini bertujuan agar kegiatan investasi juga memiliki dampak langsung terhadap masyarakat. Terakhir, bab 9 merupakan bab kesimpulan dan rekomendasi.