Berita


Press Conference INDEF “Meracik Vaksin Ekonomi Hadapi Pandemi”

Tim Peneliti INDEF | 24/03/2020

Pandemi virus Covid-19 atau yang umum disebut virus Korona di masyarakat kian hari semakin menjangkiti perekonomian Indonesia. Dampak ekonomi akibat virus ini semula hanya menggerus sisi eksternal perekonomian Indonesia melalui kenaikan sejumlah komoditas impor dari China. Namun, seiring penyebaran virus yang sangat cepat [Sampai dengan 23 Maret 2020, sebanyak 579 orang di Indonesia positif Korona, sembuh 30 orang, dan 49 meninggal dunia (Pusat Informasi Covid-19, 2020)], stabilitas perekonomian pun terkena dampak. Nilai tukar Rupiah terus melemah tajam, sementara pasar bursa pun meradang seiring laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkoreksi dalam. Pertumbuhan ekonomi pun diperkirakan akan melambat drastis, terkikis oleh penjalaran dampak virus ke berbagai sektor di perekonomian.

Press Conference INDEF: Salah Kaprah Status Negara Maju!

Tim Peneliti INDEF | 27/02/2020

Indonesia telah dikeluarkan sebagai anggota negara berkembang dalam prinsip hukum Countervailing Duty (CVD) pada 10 Februari 2020. Hal ini disebabkan dua alasan yakni share dalam perdagangan dunia telah diatas 0,5 % dan menjadi aggota dalam kelompok Group Twenty (G-20). Implikasi dari hukum countervailing duty yang sebelumnya mendapatkan keringanan penyediaan subsidi hingga 2 % dan volume standar impor yang diabaikan akan dihapuskan. Dampaknya adalah pihak USTR Amerika Serikat akan melakukan penyelidikan atas berbagai produk impor Indonesia serta akan melakukan tindakan balasan yang akan ditentukan kemudian

ISPE – HMI: Politik Pembangunan Indonesia

Tim Peneliti INDEF | 24/01/2020

Awal tahun 2020, ISPE kembali digelar pada tanggal 24-25 Januari 2020 di Jakarta dengan mengangkat tema “Politik Pembangunan Indonesia” bekerja sama dengan BPL PB HMI. Setelah proses panjang mulai tahap pendaftaran yang dibuka sejak November 2019 hingga Januari 2020, terpilih 26 orang peserta dari seluruh Indonesia yang berhak mengikuti pelatihan ISPE-HMI ini. ISPE angkatan 28 ini merupakan salah satu ISPE yang dilaksanakan dalam negeri tetapi dengan diversifikasi peserta yang sangat beragam ditilik dari asal daerahnya yang hampir mewakili seluruh kepulauan besar di Indonesia. Semangat para peserta ISPE-HMI yang keseluruhannya adalah mahasiswa aktif bergabung dengan organisasi HMI adalah orang-orang terpilih dengan melihat prestasi akademik dan non-akademik

ISPE Germany: “Political Economy and Sosio Economic Development: The Comparison of Indonesia and Germany”

Tim Peneliti Indef | 02/11/2019

Hamburg, 25 Oktober 2019 – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE) angkatan XXVI pada tanggal 24-25 Oktober 2019 di Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hamburg, Jerman. Tema yang diangkat dalam ISPE kali ini adalah “Political Economy and Sosio Economic Development: The Comparison of Indonesia and Germany”. ISPE kali ini bekerja sama dengan PPI Jerman dan menghadirkan peserta dari berbagai wilayah di Eropa maupun Indonesia. Adapaun pembicara yang dihadirkan pada ISPE Hamburg diantaranya Bapak Suharso Monoarfa, Prof. Didik J Rachbini, Roby A. Brata, Ph.D, Faisal Basri, M.A, Deniey A Purwanto, dan Dzulfian Syafrian.

Dialog 100 Ekonom bersama Wakil Presiden

Tim Peneliti Indef | 18/10/2019

Dalam pidatonya Wakil Presiden RI menyinggung terkait kondisi ekonomi global dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia berpotensi mengalami middle income trap jika lapangan pekerjaan hanya diarahkan ke sektor industri. Untuk mengatasi hal tersebut Indonesia harus mulai memprioritaskan produktivitas, pengembangan teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Acara dilanjutkan dengan sesi dialog antara para ekonom dengan Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla. Lalu beliau berpesan bahwa Indonesia harus mengedepankan keterampilan SDM agar kelak menjadi negara yang berdikari dan tidak tertinggal oleh bangsa lain.

ISPE Jakarta : Ekonomi Politik dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Tim Peneliti INDEF | 24/09/2019

Jakarta - Program pelatihan ekonomi-politik (ISPE) ke-25 yang diselenggarakan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), kali ini disambut antusiasme peserta dari beragam profesi. Program itu diikuti sebanyak 32 peserta dari 106 peserta yang mendaftar. Mereka berasal dari kalangan mahasiswa S1, mahasiswa pascasarjana, dosen, peneliti, wartawan, pegawai swasta, ASN, pegiat hukum, hingga anggota DPR RI. INDEF School of Politicl Economy (ISPE) angkatan ke-25 berlangsung pada 24-26 September 2019 di ITS Tower, Pasar Minggu, Jakarta.

ISPE Madura : Ekonomi Politik Pengelolaan Dana Desa dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Daerah

Tim Peneliti INDEF | 03/09/2019

Perjalanan ISPE terus bergulir sebagai salah satu bukti pengabdian INDEF (Institute for Development of Finance) untuk terus berkontribusi membangun negeri dengan menyebarkan bibit-bibit untuk mempersiapkan pemimpin masa depan dan member solusi negeri khususnya dalam perekonomian Indonesia. ISPE telah dilaksanakan di dalam dan di luar negeri seperti London, Tokyo, Moskow, Perth, Leiden, Osaka, New York, Jakarta, Makassar, Padang, dan masih banyak di kota lainnya. Terakhir kali, ISPE pada angkatan sebelumnya dilaksanakan di salah satu universitas di negeri jiran Malaysia bernama UTM (Universitas Teknologi Malaysia). Beranjak dari UTM, kini ISPE kembali hadir di UTM lain yang ada di dalam negeri yaitu di salah satu universitas di pulau garam bernama UTM (Universitas Trunojoyo Madura). Acara ini berlangsung pada tanggal 3-5 September 2019 dan bekerjasama langsung dengan jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo.

Tantangan Persoalan Ekonomi Sosial dan Pemerintahan Ibu Kota Baru

Tim Peneliti INDEF | 23/08/2019

Wacana tentang pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke lokasi di luar Provinsi Jakarta kembali muncul. Hal ini karena Jakarta dinilai tidak layak menjadi ibu kota negara lantaran masalah banjir dan macet yang tak berujung.

ISPE Jepang : Political Economy in Indonesia After the 2019 General Election and Under Global Trade War and Global Uncertainties

Tim Peneliti INDEF | 15/08/2019

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE) angkatan XXIII pada tanggal 15-16 Agustus 2019 di Retsumeikan University Kyoto, Japan. Tema yang diangkat dalam ISPE kali ini adalah “Political Economy in Indonesia after the 2019 General Election and under Global Trade War and Global Uncertainties”.

The Challenges of Disruption Era in Economic Development and Public Policy

Tim Peneliti INDEF | 07/08/2019

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan acara perayaan ulang tahun ke-24 sekaligus menyelenggarakan International Conference bertema "The Challenges of Disruption Era in Economic Development and Public Policy". Acara ini menghadirkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, sebagai keynote speech.

ISPE Malaysia : Inclusive Growth and Economic Equality Transformation in the Era of Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA)

Tim Peneliti INDEF | 11/07/2019

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE) angkatan XXII pada tanggal 11 Juli 2019 di Universiti Teknologi Malaysia, Johor Bahru.  Tema yang diangkat dalam ISPE kali ini adalah “Inclusive Growth and Economic Equality Transformation in the Era of Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA)”.

ISPE Washington 2019: Enhancing Prosperity and Stability between Indonesia and USA

Tim Peneliti INDEF | 03/05/2019

Washington DC, 26 April 2019 – Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengadakan kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE) angkatan XVIII pada tanggal 25-26 April 2019 di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Washington DC, USA. Tema yang diangkat dalam ISPE kali ini adalah “Indonesia-USA: Enhancing Prosperity and Stability”.