JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Institute for Development of Economics and Finance, Enny Sri Hartati mengatakan teror bom Sarinah bisa berdampak pada kondisi ekonomi Indonesia.

Kata Enny, ada dua dampak yang harus diperhatikan, yakni dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang.

Untuk jangka pendek, teror bom Sarinah akan mempengaruhi sektor keuangan dan pasar modal. Secara psikologis, hal itu membuat perekonomian Indonesia terlihat rentan dengan berbagai macam sentimen.

Dampak lain adalah terhadap ekonomi jangka panjang atau pada sektor riil. Kata Enny, dampak terhadap sektor riil tidak akan langsung.

“Yang paling utama adalah kita keamanan sentimen jangka menengah panjang,” ujar Enny.

Untuk memperkecil dampak terhadap sektor riil ini, pemerintah diharapkan segera menangani melakukan langkah konkret. Salah satunya mengembalikan kepercayaan para investor.

Bagaimanapun, kepastian adalah hal yang penting bagi investor. Karena itu, untuk meyakinkan investor pemerintah harus bisa menunjukan bahwa keadaan sudah dalam kendali.
Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/

  • Berita/Post
Indef Administrator
, Indef
The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) is an independent and autonomous research and policy studies institution established on August 1995 in Jakarta
follow me

Leave a Reply

Close