VIVA.co.id – Para pejabat daerah yang terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih terhadap rencana pemerintah pusat dalam menggerakkan perekonomian daerah sebagai penopang pertumbuhan ke depan.

“Tentu masyarakat berharap pemimpin baru punya peran yang efektif dalam memangkas birokrasi di daerah,” ujar Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati kepada VIVA.co.id, Jakarta, Rabu 9 Desember 2015.
Menurut Enny, para pejabat yang baru harus mengubah pola pikir yang selama ini melekat di kepala pejabat daerah. Salah satu contoh adalah sulitnya para investor untuk mendapatkan izin menanamkan modalnya di daerah-daerah tertentu. Kondisi ini harus diperbaiki.
“Investor datang minta izin, ada yang anggap itu justru memalak mereka. Ini harus diubah. Kalau investor datang, harus dilayani. Ini bukan untuk jangka pendek, tapi kontribusi akan ke penerimaan jangka panjang,” kata dia.
Enny menegaskan, transparansi pemerintah daerah juga sangat diperlukan demi memajukan daerahnya. Dengan adanya sikap tersebut, dapat menangkal segala bentuk kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
“Demokratisasi dibutuhkan. Harus ada suatu pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Ini bisa optimalisasi kerja birokrasi. Adagood government, semua program akan berjalan efektif,” tuturnya.
Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/

  • Berita/Post
Indef Administrator
, Indef
The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) is an independent and autonomous research and policy studies institution established on August 1995 in Jakarta
follow me

Leave a Reply

Close