ENGLISH       BAHASA

Institute for Development of Economics and Finance

Mid Year Review

15 Juni 2015

Kajian Tengah Tahun INDEF 2015: Kredibilitas Kebijakan di Persimpangan

Kajian Tengah Tahun INDEF 2015 bertepatan dengan perlambatan ekonomi Indonesia yang diluar ekspektasi. Boleh dikatakan, ekonomi Indonesia pada triwulan 1-2015 masuk zona kuning. Pertumbuhan ekonomimelambat, daya beli masyarakat turun, pertumbuhan energi anjlok, kinerja ekspor turun, rupiah terdeprisiasi terparah dibanding mata uang negara kawasan, pengangguran meningkat merupakan indikator yang harus diwaspadai.

17 Juni 2014

Kajian Tengah Tahun 2014: Pembaruan EKonomi atau Status Quo?

Kajian Tengah Tahun INDEF 2014kali ini bertepatan dengan proses pergantian pemerintahan di Indonesia. Perhatian publik pun tidak terlepas dari program-program yang ditawarkan untuk menarik simpati. Salah satu isu yang jamak didengungkan adalah platform ekonomi. Keud Capres yang akan bertarung secara konsep memiliki pijakan platform yang relatif mirip. Keduanya akan mengarahkan pada pertumbuhan ekonomi. Yang satu mengusung ekonomi kerakyatan dan yang lainnya ekonomi berdikari.

07 Juli 2013

Kajian Tengah Tahun INDEF 2013: Formulasi Kebijakan Ekonomi dan Politik Menjelang Pemilu 2014

Paroh pertama perjalanan perekonomian Indonesia 2013 telah selesai dilalui. Berbagai dinamika ekonomi yang mewarnai sepanjang setengah tahun ini dapat menjadi evaluasi atas kinerja yang telah dicapai dan perbaikan strategi ke depan untuk memastikan pencapaian target di akhir tahun. Seiring semakin dekatnya pesta demokrasi Pemilu 2014 tentu saja kondisi perekonomian ke depan tidak dapat dinetralisasi sepenuhnya dari kontestasi politik yang kian sengit.

17 Juli 2012

KTT INDEF 2012: Efektivitas Fiskal, Percepatan Infrastruktur dan Intermediasi Perbankan

Kondisi perekonomian Semester I 2012 diwarnai dengan berbagai gejolak perekonomian baik dari sisi eksternal maupun internal, juga baik dari sektor fiskal maupun moneter. Pada awal tahun, Pemerintah sangat optimis bahwa ekonomi Indonesia tahun 2012 akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

20 Juli 2011

Kajian Tengah Tahun INDEF 2011: Deindustrialisasi di Tengah Pusaran CAFTA

Sepanjang tahun 2011 ini, kata “krisis” hampir selalu menjadi santapan setiap hari, baik melalui media cetak, elektronik maupun perbincangan santai masyarakat. Seolah kata “krisis” tersebut telah menjelma menjadi trademark yang mewarnai perjalanan Indonesia pada paruh pertama hingga kedua 2011.

14 Juli 2009

Kajian Tengah tahun 2009: Krisis Keuangan, Stimulus Fiskal dan Daya Tahan Ekonomi Indonesia

Kontraksi perekonomian dunia sejak meletusnya krisis keuangan global terasa semakin mendalam. Hancurnya kinerja bursa saham diberbagai negara menjadi hentakan awal dari krisis terparah sejak depresi besar 1930-an. Perlahan namun pasti, gejolaknya merambat pada berbagai sektor seperti keuangan, investasi, transaksi internasional hingga bermuara sektor rill.

Kajian Tengah Tahun INDEF 2008: Minyak, Pangan dan Kemiskinan

Minyak dan pangan sekurangnya sejak tiga tahun terakhir ini telah menjadi komoditas yang menimbulkan “petaka’ bagi Indonesia. Petaka tersebut berlangsung karena kedua jenis komoditas itu harganya di pasar internasional melambung, nyaris tidak dapat dikendalikan (khususnya minyak).