ENGLISH       BAHASA

Institute for Development of Economics and Finance

Peneliti

Total: 34 Peneliti
Abdul Manap Pulungan, SE Abdul Manap Pulungan, SE
Abdul Manap Pulungan, dilahirkan di Padangsidimpuan, 27 Juli 1984. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya tahun 2006 dan Maggister Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP) di Universitas Indonesia tahun 2014. Sejak 2008 hingga kini bergabung di Institute for Development of Economics and Finance (Indef). Manap menjadi peniliti Komite Ekonomi Nasional (KEN) serta Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI). Sejumlah tulisan telah dipublikasi di media cetak seperti Investor Daily, Bisnis Indonesia, Koran Kontan, the Jakarta Post, Media Indonesia, dan Republika.
Abra Puspa Ghani Talattov, SE
Agus Herta Sumarto, SE
Ahmad Erani Yustika, Prof Ahmad Erani Yustika, Prof
Lahir di Ponorogo (1973). Menyelesaikan gelar sarjana dari Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi - Universitas Brawijaya, 1996. Setelah lulus aktif mempublikasikan tulisan diberbagai media massa (sekitar 500 artikel telah diterbitkan di koran/majalah nasional) dan jurnal ilmiah.
Ahmad Heri Firdaus, MSi Ahmad Heri Firdaus, MSi
Ahmad Heri Firdaus, M.Si lahir di Depok 13 Januari 1985. Aktif sebagai peneliti ekonomi INDEF sejak 2011. Menyelesaikan Pendidikan Sarjana dan Master di bidang Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor. Selain aktif sebagai peneliti ekonomi, Heri juga aktif sebagai staf pengajar di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Selain mengajar juga aktif menulis berbagai artikel opini di media cetak maupun media elektronik
Ahmad Munir, MSc
Ariyo Dharma Pahla Irhamna, SE Ariyo Dharma Pahla Irhamna, SE
Ariyo Dharma Pahla Irhamna, Lahir pada tanggal 22 Agustus 1990 di Jakarta. Menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret, jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2008 dan lulus pada tahun 2013. Selama menjadi mahasiswa, aktif di organisasi mahasiswa baik internal maupun eksternal. Di tahun 2009 menggagas pembentukan Kelompok Studi Bengawan FE UNS dan menjadi Ketua Umum di periode 2011-2012. Di organisasi eksternal menjabat Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surakarta Komisariat FE UNS periode 2012-2013. Di tahun 2011 menjadi pendiri AIESEC Local Comittee UNS. Pada tahun 2012 menjadi international trainer di program Grow di Ploiesti, Romania. Di tahun 2011, terpilih sebagai Best Essay pada acara National Debate Competition 2011 dan juga dipaparkan di National Economic Seminar 2011 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas Padjajaran.

Email: aryo.irhamna@gmail.com, Twitter: @aryoooo
Aviliani, Dr Aviliani, Dr
Lahir di kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 14 Desember 1961. Menyelesaikan gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi di Universitas Atmajaya, Jakarta, Tahun 1985. Kemudian mengambil S2 di Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial (FISIP) Administrasi Niaga Universitas Indonesia, Jakarta dan lulus pada Tahun 1995. Memperoleh gelar Doktor Program Studi Manajemen dan Bisnis di Institut Pertanian Bogor pada Tahun 2012.
Berly Martawardaya, Dr Berly Martawardaya, Dr
Bhima Yudhistira Adhinegara Bhima Yudhistira Adhinegara
Bhima Yudhistira Adhinegara lahir di Pamekasan (1989). Menyelesaikan gelar master in Finance dari University of Bradford, United Kingdom(2015). Pendidikan sarjana diperoleh dari International Undergraduate Program Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2013). Pernah menduduki beberapa jabatan di organisasi seperti Ketua PPI Bradford UK (2015) dan Ketua SEF UGM (2010).
Bustanul Arifin, Prof Bustanul Arifin, Prof
Bustanul Arifin adalah pengamat ekonomi pertanian yang mengedepankan perjuangan untuk petani melalui jalur akademis dan jalur profesional yang dimilikinya sebagai peneliti, konsultan dan penulis karya-karya ilmiah tentang ekonomi pertanian. Mengambil bidang pertanian untuk mendapatkan gelar Strata-1 di IPB tahun 1985, Selepas kuliah, Bustanul sempat bekerja sebagai Kepala Project Management Unit (PMU) Proyek Pengembangan Pedesaan Wilayah (P3W) Transmigrasi Terpadu Krueng Tadu, Aceh Barat di tahun 1986-1987. Di sini Bustanul menimba pengalaman kehidupan para petani yang hidup di lahan terpencil. Tak sampai setahun bekerja, Bustanul lolos mendapatkan beasiswa di University of Wisconsin-Madison, Amerika. Di sana beliau mengambil program pascasarjana dan doktoral. Selain menjadi dosen, Bustanul bergabung dengan INDEF dan Sampai saat ini, Bustanul aktif melakukan penelitian di bidang pertanian.
Deniey A. Purwanto, MSE Deniey A. Purwanto, MSE
Didik. J. Rachbini, Prof Didik. J. Rachbini, Prof
Lahir di Pamekasan, Madura 2 September 1960 adalah seorang akademisi, pengajar dan ekonom yang telah banyak menulis buku, makalah dan artikel di berbagai media massa. Doktor lulusan Central Luzon State University, Filipina (1991) ini pernah menduduki beberapa jabatan seperti Ketua HMI Cabang Bogor, Pengurus Pusat ICMI, Anggota KPPU, Ketua DPP Partai Amanat Nasional dan Cawagub Pilkada DKI Jakarta.
Didin S. Damanhuri, Prof Didin S. Damanhuri, Prof
Prof. Dr. Didin S Damanhuri adalah ekonom senior sekaligus pendiri INDEF. Didin adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM-IPB, menempuh pendidikan sarjana dari Universitas Pandajajaran (1979) dan Magister Sains dari IPB (1984). Didin mendapat gelar doktor dari Institut de Recherche Economique du Developpement (IREPD) Universite Pierre Mendes-France. Didin juga menjabat sebagai Tenaga Ahli bidang Ekonomi Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhannas RI)
Dradjat H. Wibowo, Dr Dradjat H. Wibowo, Dr
Lahir di Surabaya pada 20 Mei 1964, dikenal sebagai orang yang memiliki kepribadian yang jujur dan berani dalam mengkritik pemerintahan. Tidak jarang pemerintah selalu dibuat panas oleh kritikannya. Selain itu, ia juga dikenal bersih dan memiliki komitmen tinggi terhadap nasib rakyat kecil. Doktor dari University of Queensland ini selain pernah menjabat sebagai direktur Indef, pernah juga menjabat Anggota Komisi XI DPR RI dan Komisaris Bank BNI.
Dzulfian Safrian, SE
Eisha Maghfiruha Rachbini, MSc Eisha Maghfiruha Rachbini, MSc
Eko Listiyanto, MSE Eko Listiyanto, MSE
Lahir di Boyolali (1983. Menyelesaikan gelar sarjana S1 di Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada 2006. Kemudian mengambil S2 di Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, lulus pada 2011.
Enny Sri Hartati, Dr Enny Sri Hartati, Dr
Menyelesaikan gelar doktor Program Studi Ilmu Ekonomi Pertanian dengan Konsentrasi Ekonomi Pembangunan di Institut Pertanian Bogor. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Diponegoro. Menjadi staf ahli Komisi X DPR RI (2007-2010). Disamping aktif di INDEF juga aktif sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (1996-2011). Aktif menulis dan mengisi acara diberbagai acara seminar dan Talk Show di Media Elektronik.
Evi Noor Afifah, Dr Evi Noor Afifah, Dr
Dr. Evi Noor Afifah adalah ekonom INDEF. Dr. Evi aktif sebagai salah satu peneliti senior di Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM. Pendidikan S1 ditamatkan dari FEB Unair sedangkan S2 maupun S3 diperoleh dari Ilmu Ekonomi FEB UI. Aktivitas lainnya adalah mengajar di lingkungan FEB UGM, yaitu pada program Magister Ekonomi Pembangunan (MEP), program Magister dan Doktor Ilmu Ekonomi dengan spesialisasi di bidang Perencanaan dan Penganggaran Daerah, Ekonometrika serta mengajar di beberapa program pelatihan di lingkungan FEB UGM
Faisal H. Basri, MA Faisal H. Basri, MA
Lahir di Bandung tanggal 6 November 1959. Master of Arts (M.A.) dalam bidang Ekonomi, Vanderbilt University, USA (1988) ini pernah menjadi direktur Indef dan pernah menempati beberapa jabatan penting seperti Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Anggota Komite Pengawas Persaing Sekretaris Usaha (KPPU), Anggota American Economist Association (AEA), Anggota Society for International Development (SID), dan Ketua STIE Perbanas.
Imaduddin Abdullah, S.Sos Imaduddin Abdullah, S.Sos
maduddin Abdullah menyelesaikan program pendidikan pascasarjana dari Lund University (Swedia) pada bidang Studi Pembangunan (Development Studies). Selain aktif sebagai peneliti INDEF, Imaduddin juga aktif dalam berbagai penelitian dengan lembaga pemerintah seperti Bappenas maupun lembaga internasional seperti ILO, UNAIDS, dan UNDP. Imaduddin juga merupakan staf pengajar pada Program Magister Perencanaan Kebijakan Publik (MPKP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia.
Iman Sugema, Dr Iman Sugema, Dr
M. Fadhil Hasan, Dr M. Fadhil Hasan, Dr
M. Fadhil Hasan, Ph.D adalah salah satu pendiri dan ekonom senior INDEF, menyelesaikan pendidikan sarjana di IPB, kemudian Master of Science di Department of Economics Iowa State University USA dan PhD dari Department of Agricultural Economics University of Kentucky USA. Saat ini menjabat sebagai Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) dan Direktur Eksekutif GAPKI (Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia)
M. Nawir Messi, MSi M. Nawir Messi, MSi
M. Nawir Messi meraih gelar Master di bidang Manajemen Pembangunan dan Lingkungan dari The Australian National University (1994), dan mendapatkan gelar Diploma Degree in Science (Dpl. Sc.) dari universitas yang sama (1992). Nawir menajabt Managing Director di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada 1995- 2001, Tenaga ahli Ekonomi di proyek ILO (1996), USAID (1995), The World Bank (1995-1996), Konsultan Ekonomi pada proyek Asian Development Bank tentang Reformasi Industri dan Perdagangan (1996-1998), Komisioner dan Ketua KPPU 20011-2012 dan 2013-2015
Marifatul Amaliyah, SE
Mohammad Reza Hafiz A., SE
Muhammad Hanif, S.sos
Nailul Huda, SE
Puji Wahono, Dr Puji Wahono, Dr
Puji Wahono Adalah Dosen Universitas Jember dan peneliti senior pada Indef. Selain itu ia juga aktif melakukan kerjasama riset dengan lembaga-lembaga kajian lainnya seperti Akbar Tandjung Institute. Ia juga berpengalaman sebagai pengajar tamu di sejumlah Universitas seperti Pascasarjana Universitas Indonesia dan Universitas Islam Negeri Jakarta. Doktor Business Administration konsentrasi Strategic (Knowledge) Management and Business Policy. Mengajar dan Meneliti bidang Kelembagaan Ekonomi Politik, Strategic (Knowledge) Management, Kebijakan Bisnis dan Publik, Organisasi Industri, Pengembangan Sumberdaya Organisasi. Menulis Buku, Jurnal, dan Artikel.
Rina Oktaviani, Prof Rina Oktaviani, Prof
Prof. Rina Oktaviani, PhD adalah seorang guru besar di bidang ilmu ekonomi dan staff pengajar pada program sarjana, magister, serta doktoral di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain itu aktif sebagai Ekonom Senioor pada Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Aktif menulis di jurnal nasional maupun internasional. Keahlian dalam bidang perdagangan membuatnya dipilih menjadi ekonom ahli pada Kementerian Perdagangan dan Kementerian Keuangan. Memperoleh gelar sarjana di bidang agribisnis serta master ekonomi pertanian di IPB. Gelar PhD International Trade and Economic Policy diperoleh dari The University of Sydney, Australia
Rusli Abdulah,M.Si Rusli Abdulah,M.Si
Lahir di Kebumen, Jawa Tengha pada 16 Januari 1985. Menyelesaikan pendidikan S 1 nya di Jurusan Ilmu EKonomi dan Studi Pembangunan, FEB UNDIP Semarang (2008) dan Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas yang sama (2011-2013). Merintis karir sebagai peneliti diawali menjadi Asisten Peneliti di Laboratorium Studi Kebijakan Ekonomi (LSKE) FEB UNDIP pada 2006. Setelah lulus Sarjana pernah menjadi wartawan ekonomi Suara Merdeka dan bergabung dengan Institute for Economics Research and Social Studies (interess) Semarang 2009-2014, dan Pusat Kajian Pembangunan, LPPM Universitas Diponegoro tahun 2011-2013. Sejak April 2014-sekarang bergabung dengan INDEF. Email : rusli.abdulah@indef.or.id, Twitter : @rabdulah
Shinta Dwi Nofarina, SE Shinta Dwi Nofarina, SE
Shinta Dwi Nofarina lahir di kota Malang, 5 November 1991. Tumbuh, belajar, dan berkembang di lingkup jurusan Ilmu Ekonomi program Internasional Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Development Planning. Semasa kuliah Shinta aktif di berbagai kegiatan intra dan ekstra kampus, menjadi asisten dosen, asisten peneliti, dan beberapa kegiatan sosial lainnya. Merupakan wisudawan S1 terbaik dari Universitas Brawijaya periode III tahun 2014.
Sugiyono, Dr Sugiyono, Dr
Dr. Sugiyono Madelan, MSi merupakan salah satu ekonom pertanian yang berminat di bidang ekonomi politik regulasi. Sugiyono menamatkan pendidikan sarjananya di Sosek Agribisnis IPB Bogor tahun 1992. Dia melanjutkan pendidikan Sekolah Magister Ilmu Ekonomi Pertanian IPB Bogor bidang Pemasaran dan Perdagangan internasional tahun 2005. Selanjutnya ia memperoleh gelar Doktor Ilmu Ekonomi Pertanian dari IPB Bogor tahun. Sugiyono Madelan juga mengajar pada Universitas Mercu Buana Jakarta sejak tahun 2000.