ENGLISH       BAHASA

Institute for Development of Economics and Finance

eBook

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2017: Menguji Ketangguhan Ekonomi Indonesia

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2017: Menguji Ketangguhan Ekonomi Indonesia

Kondisi perekonomian Indonesia selama tahun 2016 masih dipenuhi dengan sejumlah hambatan. Berbagai indikator seperti pertumbuhan ekonomi yang cenderung melambat, nilai tukar rupiah yang melemah di akhir tahun, hingga angka penyerapan tenaga kerja yang terus menurun menjadi bukti ketangguhan ekonomi sedang di uji. Di tengah berbagai hambatan, perekonomian nasional juga dihadapkan pada sejumlah ketidakpastian yang terjadi di level global antara lain moderatnya pertumbuhan ekonomi China, rencana kenaikan suku bunga the Fed, Brexit, serta Trump Effect.

Kajian Tengah Tahun INDEF 2016: EVALUASI PAKET,  EVALUSI EKONOMI

Kajian Tengah Tahun INDEF 2016: EVALUASI PAKET, EVALUSI EKONOMI

Evaluasi Paket, Evaluasi Ekonomi menjadi perhatian Institute for Development of Economics and Finance (Indef) dalam Kajian Tengah Tahun (KTT) 2016. Perhatian itu muncul saat maraknya peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi pemerintah sejak 2015. Setidaknya 12 paket sudah digulirkan sejak pertama kali dirilis pada September 2015. Pemerintah berargumen bahwa paket-paket kebijakan tersebut diarahkan menstimulus perekonomian, sehingga tidak begitu tertekan karena perekonomian global.

20 Tahun Perjalanan Ekonomi Indonesia

20 Tahun Perjalanan Ekonomi Indonesia

Buku 20 Tahun Perjalanan Ekonomi Indonesia ini ditulis oleh 20 Ekonom ternama. Buku ini mengulas seputar perekonomian Indonesia selama 20 Tahun terakhir ini. Buku ini terdiri dari 20 Bab dengan 20 penulis seperti Didin S. Damanhuri, Evi Noor dan Drajad Wibowo, Didik J. Rachbini, Faisal H. Basri, Tauhid Ahmad, Iman Sugema, Enny Sri Hartati, Nawir Messi, Revrisond Baswir, Puji Wahono, Bustanul Arifin Marwan Batubara, Arif Satria, Rina Oktaviani, Ina Primiana M. Fadhil Hasan, Aviliani, Sugiyono, Deniey Adipurwanto dan Ahmad Erani Yustika

Kajian Tengah Tahun INDEF 2015: Kredibilitas Kebijakan di Persimpangan

Kajian Tengah Tahun INDEF 2015: Kredibilitas Kebijakan di Persimpangan

Kajian Tengah Tahun (KTT) INDEF 2015 bertepatan dengan perlambatan ekonomi Indonesia yang di luar ekspektasi. Boleh dikatakan, ekonomi Indonesia pada triwulan 1-2015 masuk zona kuning. Pertumbuhan ekonomi melambat, daya beli masyarakat turun, pertumbuhan energi anjlok, kinerja ekspor turun, rupiah terdepresiasi terparah dibanding mata uang Negara kawasan, pengangguran meningkat merupakan indikator yang harus diwaspadai.

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2015: Tantangan Kabinet Kerja Memenuhi Ekspektasi

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2015: Tantangan Kabinet Kerja Memenuhi Ekspektasi

Proyeksi Ekonomi INDEF 2015 kali ini bertepatan dengan awal Pemerintahan baru Indonesia. Perhatian publik pun tidak terlepas dari harapan yang tinggi atas program-program yang telah dijanjikan semasa kampanye. Salah satu harapan besar publik terhadap Pemerintahan baru adalah adanya perbaikan ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Platform ekonomi kerakyatan yang diusung Pemerintah Jokowi-JK diharapkan mampu menjawab tantangan dan permasalahan ekonomi bangsa ini.

Kajian Tengah Tahun INDEF 2014: Pembaruan Ekonomi atau Status Quo?

Kajian Tengah Tahun INDEF 2014: Pembaruan Ekonomi atau Status Quo?

Kajian Tengah Tahun INDEF 2014 kali ini bertepatan proses pergantian pemerintahan di Indonesia. Perhatian publik pun tidak terlepas dari program-program yang ditawarkan untuk menarik simpati. Salah satu isu yang jamak didengungkan adalah platform ekonomi. Kedua Capres yang akan bertarung secara konsep memiliki pijakan platform yang relatif mirip. Keduanya akan mengarahkan pada perubahan ekonomi. Yang satu mengusung ekonomi kerakyatan dan yang lainnya ekonomi berdikari.

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2014: Akankah Krisis Berlanjut?

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2014: Akankah Krisis Berlanjut?

Pada 2013 perekonomian Indonesia dihadapkan pada quarto deficits yang menunjukkan pelemahan sendi-sendi fundamental perekonomian nasional. Sungguh pun pertumbuhan ekonomi masih dapat mencapai 5,82 persen hingga triwulan III 2013. Namun, melihat begitu cepatnya nilai tukar rupiah melemah dan berlanjutnya defisit transaksi berjalan, menjadi relevan untuk mempertanyakan akankah krisis ekonomi keuangan Indonesia akan berulang di masa mendatang?

Kajian Tengah Tahun INDEF 2013 - Formulasi Kebijakan Ekonomi dan Politik  Menjelang Pemilu 2014

Kajian Tengah Tahun INDEF 2013 - Formulasi Kebijakan Ekonomi dan Politik Menjelang Pemilu 2014

Paroh pertama perjalanan perekonomian Indonesia 2013 telah selesai dilalui. Berbagai dinamika ekonomi yang mewarnai sepanjang setengah tahun ini dapat menjadi evaluasi atas kinerja yang telah dicapai dan perbaikan strategi ke depan untuk memastikan pencapaian target di akhir tahun