ENGLISH       BAHASA

Institute for Development of Economics and Finance

INDEF Sindir Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tidak Berkualitas

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Imaduddin Abdullah mengatakan pertumbuhan ekonomi yang pernah dicapai Indonesia selama ini dampaknya tidak pernah dirasakan oleh masyarakat.

Kondisi ini disebabkan karena pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh Indonesia selama ini tidak berkualitas. Sehingga, masyarakat seperti petani dan nelayan tidak merasakannya.

"Padahal kelompok masyarakat kelas atas sudah 95 persen akses untuk kesehatan," kata Abdullah, Kamis (4/5/2017).

Selain itu, ketimpangan kepemilikan aset juga memperngaruhi. Dimana orang-orang yang berada dikalangan menengah atas dapat dengan mudah memiliki aset, berbeda dengan masyarakat miskin. Hal inilah yang membuat jutang antara si kaya dan si miskin juga semakin besar.

Menurutnya, Indonesia termasuk negara yang paling timpang pemerataan ekonominya dibandingkan negara-negara di Asia Pasifik. Bahkan, angka ketimpangan Indonesia masih lebih tinggi dibandingkan Thailand, Vietnam, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

"Indonesia hanya lebih baik dari Malaysia dan Filipina," katanya.

Oleh sebab itu, Abdullah berharap, kedepannya pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.


Sumber : https://suara.com

 

Tanggal Muat: 05/05/2017 9:37:00 [admin]

Dua Poin Tanggapan INDEF Terhadap Perppu Nomor 1 Tahun 2017 @jitunews http://jitunews.com/read/6038

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati, menanggapi sekaligus mengkritisi dua hal terkait Perppu Nomor 1 Tahun 2017 tersebut. @jitunews http://jitunews.com/read/60388/dua-poin-tanggapan-indef ...

Indef Sebut Kebijakan Intip Saldo Tabungan Resahkan Masyarakat

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menilai keputusan Kementerian Keuangan merevisi kebijakan batasan saldo rekening (intip saldo) yang secara otomatis dapat dilaporkan perbankan kepada Direktorat Jend ...

Indef Sebut UMP Jakarta Berlebihan Bikin Persoalan

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan DKI Jakarta, sebagai barometer ekonomi Indonesia, tidak boleh kebablasan menetapkan upah minimum.

Lembaga Khusus Pengelola Reforma Agraria Dibutuhkan

PEMERINTAH didesak membentuk sebuah lembaga baru untuk memastikan pengelolaan tanah hasil reforma agraria dapat berjalan dengan baik. Jika hal tersebut dilakukan, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyebutkan pembuatan regula ...

Reforma Agraria Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Asalkan...

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali memunculkan rencana untuk melaksanakan reforma agraria yang akan ditandai dengan pembagian 9 juta hektar lahan kepada para petani.

Baca juga berita Indef lainnya

Halal Bi Halal dan Syukuran 19 Tahun INDEF

Pada senin 11 Agustus 2014 INDEF menyelenggarakan acara Halal Bi Halal dan Syukuruan 19 Tahun INDEF di Aula INDEF di Jalan Batu Merah No. 45, Pejaten Timur, Jakarta. Acara tersebut di hadiri Pendiri, Direksi, Peneliti dan Staf INDEF. Acara berlangsung cukup meriah dan penuh kekeluargaan. ...