Pelemahan makroekonomi yang terjadi di Amerika Serikat (AS) saat ini telah bergerak menjadi sesuatu yang lebih dalam dan serius. Hal ini terlepas dari telah disetujuinya paket penyelamatan sebesar 700 miliar dolar AS oleh Kongres AS. Gejolak yang bermula dari macetnya kredit perumahan (subprime mortage) dan diikuti oleh bangkrutnya banyak raksasa keuangan kini telah menjalar ke seluruh urat nadi perekonomian negara tersebut.

Harga perumahan di AS mengalami secara keruntuhan massif. Hal ini mengakibatnya tergerusnya aset rumah tangga yang menekan tingkat pengeluaran, yang menyebabkan pelemahan output dan meningkatnya pengangguran. Pada saat yang sama, kenaikan harga energi dan pangan global akan menurunkan pendapatan riil lebih lanjut, begitu juga pelemahan ekonomi yang terjadi di negara lain menyebabkan jatuhnya tingkat ekspor sang adidaya.

Indef

The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) is an independent and autonomous research and policy studies institution established on August 1995 in Jakarta

Leave a Reply

Close